Nasib Maskapai LION AIR di Tangan Kemhub


Kementerian Perhubungan tidak akan mengubah pendirian untuk mengevaluasi Lion Air. Bila ada pelanggaran yang cukup signifikan, maskapai tersebut bisa tidak diberi izin rute.

"Kalau teguran tidak diindahkan, Lion bisa dapat sanksi lebih berat, yaitu tidak akan diberi izin rute," kata juru bicara Kementerian Perhubungan, Bambang Supriyadi Ervan, di Jakarta, Senin (13/6/2011).

Pekan lalu, Lion telah mendapatkan teguran keras dari regulator penerbangan RI. Selain itu, kinerja maskapai tersebut juga dievaluasi. Selama dua hari, yaitu Kamis (9/6/2011) dan Jumat (10/6/2011), maskapai tersebut dievaluasi oleh Kemhub.

Menurut Bambang, dari segi operasi pesawat sebenarnya maskapai tersebut telah memenuhi syarat. Namun pada saat terjadi delay, Lion dianggap tidak mampu memberikan penjelasan kepada penumpang dan tidak memberikan kompensasi sehingga menyulut keresahan penumpang. "Teguran pemerintah karena ingin menegakkan aturan yang ada. Seperti kita ketahui, Lion Air adalah maskapai dengan penumpang terbesar, sehingga bila terjadi masalah akan berpengaruh," ujarnya.